Loading...

Selasa, 26 April 2011

Tips fotografi landscape

Berikut ini tips-tips dasar fotografi landscape:

1. Pahami kondisi cuaca
Kondisi cuaca sangat penting diperhatikan sebelum kita melakukan hunting landscape. Cuaca juga tergantung view yang mau kita ambil, jika kita mau mengambil view pantai maka kita harus mengerti saat-saat pasang dan surut nya air laut.

2. Waktu pemotretan yang tepat
Pada saat pagi dan sore, matahari masih berada dekat cakrawala sehingga memberikan side light pada landscape. Side light mempermudah fotografer memunculkan dimensi. Selain itu, pada saat pagi dan sore pula cahaya matahari berwarna kuning sehingga memberi kesan hangat pada foto.

3. The rule of third
Komposisi "The Rule of Third" merupakan komposisi Sepertiga efektif untuk menampilkan persepsi dinamis pada foto landscape. Jika langit dalam kondisi yang menguntungkan, berikan porsi lebih banyak.

4. Gunakan filter yang sesuai
Penggunaan filter pada foto landscape sangat diperlukan, berbagai filter yang biasa digunakan ialah:
-Filter UV = Untuk menyaring sinar uv yang masuk kedalam sensor kamera
-Filter CPL = untuk meningkatkan saturasi warna langit, mengurangi refleksi, dll
-Filter GND = untuk mereduksi cahaya yang masuk dalam penggunaan foto bulb dan long exposure disiang hari

5. jangan lupakan foreground
Foreground bisa menjadikan foto kita lebih berdimensi. Ada sense of depth dari foto kita jika kita meletakan foreground dengan benar. Seringkali foreground menjadi POI dari foto landscape kita.

6. Peka terhadap refleksi
Fotografer seringkali terpaku pada subyek utama dan menomorduakan refleksi, kalau tak malah mengabaikannya. Padahal refleksi bisa jadi unsur penggaya foto. Gunakan filter polarisasi (CPL) untuk memperkuat tampilan refleksi.

7. Perhatikan Depth Of Field (DOF)
Ketajaman dalam fotografi landscape sangat penting, pastikan semua elemen yang ada didalamnya memiliki DOF yang tajam. Maka dari itu, diperlukan diafragma kecil (>10).


8. Explore view
Jangan hanya terpaku pada satu titik. Temukan view yang berbeda dengan view sejajar dengan tanah, atau naik ke atas pohon. Biarkan imajinasi anda mengalir dan mencari view yang sesuai dengan previsualisasi anda. Explore!!


9. Gunakan tripod
Tripod hukumnya wajib bagi landscaper. Untuk Exposure diatas satu detik (pasti sangat berguna), tripod is highly recomended.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar